Di dunia kedokteran, kita mengenal yang namanya “Efek Plasebo”. Yaitu obat yang sebenarnya tidak mempunyai efek apa-apa, namun kita tidak tau dan kita kira bahwa inilah obat yang bisa mengobati penyakit kita. Kitapun merasa jauh lebih baik karena. Inilah efek plasebo yang terkenal itu.

Efek ini berlaku bukan hanya di dunia kedokteran, namun di kehidupan sehari-hari. Kita masuk ke dalam lobby dan berpikir, ini adalah suatu perusahaan yang bagus.

Kita selalu dikelilingi oleh efek plasebo yang mempengaruhi keputusan kita sehari-hari. Pengalaman kita juga sangat mempengaruhi persepsi kita. Persepsi yang ada mempengaruhi harapan kita. Jadi, “Pengalaman kita mempengaruhi harapan kita”.

Salah satu tantangan kita di dunia marketing adalah mempengaruhi harapan customer. Kita yang membentuk efek plasebo. Apa kita bisa memunculkan harapan bahwa kita ini, “Bisa dipercaya”, “Berpengalaman”, “Bisa diandalkan”?

Apakah kartu nama kita mencerminkan itu? Apakah orang yang mengangkat telp mencerminkan itu? Apakah website kita kelihatan cerdas? Apakah lobby kita memberikan kesan wah? Apakah iklan kita sukses menggambarkannya?

Coba lihat lagi, apakah KESAN PERTAMA / EFEK PLASEBO yang kita berikan sudah sesuai dengan yang kita inginkan?

Apakah sudah memberikan kesan “EXCELLENT”?

Di dunia marketing, bagaimana efek plasebo kita?

 

Anda boleh menggunakan artikel ini di newsletter, website atau publikasi, dengan syarat tetap melampirkan kalimat lengkap di bawah dengan link aktif ke website:

Copyright, Hendrik Ronald. Digunakan dengan izin. Hendrik Ronald adalah Trainer dan Coach Service Excellence. Untuk mendapatkan pelatihan dan artikel lainnya, silakan kunjungi www.HendrikRonald.com