“Pak Ronald, dia sudah punya banyak pengalaman lho. Di tempat lamanya dia banyak membuat gebrakan hebat”, begitu kata salah seorang client saya. “Iya betul. Itu di tempat lamanya. Dengan semua teman dan suasana lamanya. Di tempat anda nanti belum tentu. Bisa jadi dia kurang bagus, bisa jadi lebih bagus”, jawab saya.

Pengalaman seseorang memang sangat penting. Namun yang tidak kalah penting adalah kemampuan seseorang beradaptasi. Menyesuaikan diri di tempat yang baru. Di saat kita terpaksa beradaptasi, bertumbuh dan berkembang. Proses bertumbuh ini akan menjadi jauh lebih cepat lagi bila kita mempunyai mentor / guru.

Bila kita jujur, kita sangat banyak berkembang waktu sekolah. Setiap hari kita mendapatkan ilmu baru. Belajar dengan guru yang biasa-biasa saja hasilnya biasa. Belajar dengan guru yang pintar menyederhanakan (ini tipe guru paling MANTEP), kita berkembang sangat cepat. Dengan kata lain, salah satu cara belajar tercepat adalah lewat guru. Apalagi kalau gurunya pinter!!

Namun saat sekolah sudah selesai, sekarang saatnya bekerja dan jadi sukses!! Namun apa yang terjadi? GAWAT!! Ternyata dunia sekolah dan pekerjaan beda total! Kita kelimpungan. Kita beradaptasi, kadang dapat guru (teman) yang bagus, kadang dapat guru yang amburadul. Seperti biasa, kalau gurunya amburadul, hasil kerjaan juga amburadul.

Itu baru di kerjaan. Belum lagi mau sukses. Rasanya seperti mimpi saja. Kalau kerja saja begini susahnya, apalagi sukses. Uuugh, banyak dari kita yang putus asa dan sudah membuang mimpi sukses.

HAYOOOOO!!!!! Masih ingat apa resep belajar paling cepat? Pakai guru!! Cari guru yang terbaik!! Berapa banyak dari anda yang masih mau sekolah lagi agar kerjaan jadi bagus? Sedikit? Kenapa ga mau sekolah lagi? Karena mahal?

Kenapa dulu mau sekolah? Karena dipaksa dan DIBAYARIN?!? Kalau ga gratis ga mau sekolah? Mentalitas yang menarik! Sebagian orang memang ada yang dari dulu bayar uang sekolah sendiri. Namun kebanyakan kita sekolahnya dibayarin. Betul kan? Apa karena dulu dibayarin terus sekarang ga mau belajar lagi kalau bayar sendiri?

Atau alasan klasik lainnya, ga punya waktu?!?

Sebentar, sebentar…. ayo kembali dulu ke awal. Kita berkembang paling cepat saat ada guru (kalau bisa yang terbaik).  Pak Tung Desem Waringin (Pelatih Sukses No. 1 di Indonesia) bahkan mengatakannya dengan saat baik, “Sebenarnya rumus kaya itu cuma ada dua. Pertama, apa yang kita masukkan ke kepala kita. Kedua, siapa yang kita kenal”.

Lalu kalau boleh nanya sedikit, kalau mau belajar biologi paling bagus sama siapa yah? Sama guru biologi. Betul? Kalau bisa guru biologi yang terbaik. Kalau belajar matematika paling bagus sama siapa? Sama guru matematika kan?

Mau belajar matematika sendiri boleh ga? Silakan, kalau memang nekad, punya otak luar biasa cerdas dan kesabaran tingkat dewa.

Kalau mau belajar sukses sama siapa? Sama sinetron, tabloid gossip, teman sekantor, abang yang suka nongkrong di warung depan atau pelatih sukses?

Mau belajar sukses sendiri boleh ga? Sekali lagi…..  Silakan, kalau memang nekad, punya otak luar biasa cerdas dan kesabaran tingkat dewa.

Kalau masih mau alasan, “Mahal”, “Saya ga bisa bayar”, “Gak ada waktu”, dan lain-lain,  ya silakan. Apa yang akan terjadi 10 tahun lagi? Mungkin anda masih akan ngomong hal yang sama, “Mahal”, “Saya ga bisa bayar”, “Gak ada waktu”.

Sebenarnya untuk belajar itu gak pernah “Bisa atau gak bisa, namun mau atau gak mau!!”

Sekali lagi, mau sukses dan berkembang ya cari guru. Cari yang terbaik!!  Jujur, saya bingung kenapa saya masih harus menuliskan fakta jelas ini.

Mungkin ini yang disebut gajah di pelupuk mata tidak kelihatan? Hehhehehehe.

Bagaimana menurut pendapat anda?

PS: Kata “Guru ” selain di Bahasa Indonesia juga ada di Bahasa Inggris. Sebenarnya sih diambil dari Bahasa Sansekerta.

Salam DAHSYAT untuk anda dari Guru Motivasi & Service!!

 

Anda boleh menggunakan artikel ini di newsletter, website atau publikasi, dengan syarat tetap melampirkan kalimat lengkap di bawah dengan link aktif ke website:

Copyright, Hendrik Ronald. Digunakan dengan izin. Hendrik Ronald adalah Trainer dan Coach Service Excellence. Untuk mendapatkan pelatihan dan artikel lainnya, silakan kunjungi www.HendrikRonald.com