Tidurlah….1…2….3…. tidur…

“1….2……3……. tutup mata dan tidurlah…. biarkan tubuh anda semakin relax, tarik nafas yang dalam… dan tidur………”

Di zaman Jepang dulu, ada seorang jendral besar yang berwajah seperti monyet. Namanya Hideyoshi. Beliau adalah seorang jendral hebat & cerdas. Namun salah satu skill beliau yang paling unik adalah bisa tidur kapan saja dan di mana saja. Di tengah kepungan musuh, di saat mengepung musuh, beliau bisa tidur kapan saja. Ini adalah skill yang sangat berguna.

Saat mengangkat beban, yang membuat terasa berat itu bukanlah beratnya. Namun seberapa lama anda mengangkat beban tersebut. Begitu pula dengan masalah. Saat kita terus-menerus berkutat dengan masalah tanpa henti, stamina akan terkuras.

Istirahatlah, lupakanlah dulu. Anda mungkin protes, “Pak Ronald ini gimana sih? Kalau ada masalah bagaimana mau relax? Gimana bisa melupakan? Sudah pastilah kepikiran terus.”

Ingat, yang membuat letih adalah berapa lama anda mengangkat beban. Terus-menerus dipikirkan, akan menguras stamina.

Nah, kalau nafas saja bisa anda stop dengan gampang, tentu saja masalah di pikiran juga bisa distop. Caranya? Simpel, pikirkan saja yang lain. Ubah fokus anda. Niatkan. Istirahatlah…

Kalau anda sudah cukup kuat dan cukup istirahat, silakan urus kembali masalah anda. Tips simpel yang saya pelajari dari ‘Mbah Dahsyat’ adalah… Fokus kepada masalah, dapatnya masalah. Fokus pada solusi, dapatnya solusi.”

Karena sangat penting, saya ulangi sekali lagi, “Fokus kepada masalah, dapatnya masalah. Fokus pada solusi, dapatnya solusi. 

Sekarang… bila anda memang butuh istirahat… istirahatlah sejenak…

“Tarik nafas yang dalaaaaam bersama saya, lalu 1….2…….3…………. relax… tutup mata dan… tidur….”

 

Anda boleh menggunakan artikel ini di newsletter, website atau publikasi, dengan syarat tetap melampirkan kalimat lengkap di bawah dengan link aktif ke website:

Copyright, Hendrik Ronald. Digunakan dengan izin. Hendrik Ronald adalah Trainer dan Coach Service Excellence. Untuk mendapatkan pelatihan dan artikel lainnya, silakan kunjungi www.HendrikRonald.com