Kisah nyata.

11 tahun yang lalu seekor bebek menarik-narik celana seorang polisi. Karena merasa risih, polisi itu mengusirnya. Lalu bebek itu berusaha mendapatkan perhatian sang polisi, Ray Peterson. Kemudian dia pergi ke atas tutup selokan di jalan. Dia duduk di sana. Ray mengacuhkannya.

Bebek itu kemudian menarik lagi celana polisi ini. Lagi-lagi setelah mendapatkan perhatian Ray, dia pergi ke atas tutup selokan. Merasa ada sesuatu yang aneh, Ray akhirnya mendekati lubang tutup selokan ini. Setelah dilihat, ternyata ada 8 ekor anak bebek yang terjatuh ke dalam selokan itu.

Ray langsung meminta pertolongan. Pertolongan datang dan selagi proses pertolongan berlangsung, si ibu bebek diam menunggu. Akhirnya dengan menggunakan truk derek, lubang penutup parit itu bisa dibuka. Sang ibu bebek bersama 8 anaknya berjalan beriringan menuju ke sungai dan berenang di sana. Ternyata, hewanpun di saat anaknya terancam, dia bisa melakukan sesuatu yang TIDAK pernah dia lakukan.

Di kelas saya yang sering kali sampai tengah malam atau pagi, saya sering bertanya kepada para peserta, “Untuk siapa anda belajar sampai larut seperti ini?”  Merekapun menjawab, “Untuk diri sendiri, Pak Ronald”.

Ketahuilah, di saat kita bekerja dan berjuang untuk diri sendiri, maka kita akan segera menyerah. Namun di saat kita bekerja untuk orang lain, energi kita tidak terbatas. Kita akan menempuh hal yang sangat sengsara sekalipun.

Apalagi bila anda berjuang untuk orang banyak. Anggaplah anda ingin membantu orang-orang miskin di sekitar RW anda. Alam semesta akan mendukung anda. Orang-orang di sekitar anda akan mengulurkan tangan.

Sebagai pemimpin, sebaiknya anda mempunyai visi lebih dari sekedar menjadi yang terbaik. Mempunyai visi untuk mengubah dunia, walaupun sedikit. Memberikan lebih bagi masyarakat. Maka seluruh karyawan anda akan mempunyai gairah luar biasa untuk mewujudkan mimpi anda.

Itu yang terjadi pada Steve Jobs yang punya visi dahsyat. Seluruh karyawan Apple berjuang, dan mereka mengubah cara kita menggunakan komputer selamanya.

Saya berjuang untuk membantu sebanyak mungkin orang di dunia ini mewujudkan mimpinya. Itu visi saya. Begitu banyak orang yang mau membantu dan berjuang di samping saya.

Untuk siapa anda berjuang?

Salam DAHSYAT!!

 

 

Anda boleh menggunakan artikel ini di newsletter, website atau publikasi, dengan syarat tetap melampirkan kalimat lengkap di bawah dengan link aktif ke website:

Copyright, Hendrik Ronald. Digunakan dengan izin. Hendrik Ronald adalah Trainer dan Coach Service Excellence. Untuk mendapatkan pelatihan dan artikel lainnya, silakan kunjungi www.HendrikRonald.com