Beri Hadiah Buat Yang Melanggar Peraturan – 2

Super Hero

Masih ingat kisah saya tentang Pak Bambang yang mendapatkan reprimand karena berjuang untuk tamunya?  Mau tau bagaimana perjuangan beliau? Ini dia kisahnya.

Di saat saya sedang beres-beres setelah pelatihan Service Excellence untuk Hotel The Rich Yogya, sang manager, Pak Bambang Suyatno menghampiri. Beliau selalu datang dalam keadaan tersenyum dan penuh kerendahan hati.

Tentu saja saya sangat respect pada beliau yang sudah mempunyai begitu banyak pengalaman. Lalu beliau menceritakan 1 kisah.

Dulu beliau masih bekerja sebagai seorang Front Office (Reception) Manager. Kamar beliau penuh dan masih banyak kamar yang kotor. Namun sebentar lagi ada 1 grup orang Jepang yang mau masuk ke hotel.

Beliau tau, bila grup ini masuk, mereka akan menunggu lama. Maka Pak Bambang mencoba berinisiatif menelpon sang tour guide. Beliau meminta tour guide untuk memberikan tour extra ke Candi Borobudur atau mungkin Candi Prambanan. Karena beliau tau bila tamu datang ke hotel, maka tamu akan menunggu terlalu lama.

Ini adalah suatu inisiatif yang sangat bagus sekali. Mencoba mengatasi masalah sebelum terjadi.

Tour guide setuju, tamu dibawa ke Prambanan. Namun apa daya, ternyata setelah di atas candi, hujan lebat turun. Seluruh tamu basah kuyup. Mereka terpaksa dibawa segera ke hotel. Pak Bambang hanya mempunyai 1 kamar, President Suite.

Maka beliau terpaksa meletakkan seluruh tamu di kamar president suite untuk sementara. Karena tamu-tamu tersebut hanya berlibur selama 1 hari. Mereka tidak membawa baju ganti. Beliau menawarkan bath robe (jas mandi tebal) sebagai baju ganti sementara baju basah ini dicuci. Beliau minta waktu 30 menit untuk mencuci dan mengeringkannya. Bahkan jaket beliau pun ikut lembab karena memegang seluruh baju tamu yang basah.

Tidak lama kemudian baju sudah kering dan sudah bisa dipakai. Seluruh tamu berterima kasih dan sangat senang.

Beliau melanggar kebiasaan. Beliau berinisiatif menelpon tour guide dengan segala itikad baik. Beliau bahkan bisa menyelesaikan masalah baju basah dengan sangat elegan.

Orang yang melanggar peraturan seperti ini kita hukum atau kita berikan hadiah? Bagaimana menurut anda?

 

 

Anda boleh menggunakan artikel ini di newsletter, website atau publikasi, dengan syarat tetap melampirkan kalimat lengkap di bawah dengan link aktif ke website:

Copyright, Hendrik Ronald. Digunakan dengan izin. Hendrik Ronald adalah Trainer dan Coach Service Excellence. Untuk mendapatkan pelatihan dan artikel lainnya, silakan kunjungi www.HendrikRonald.com