Membangun Hutan Manusia

Plus-tree-selection-in-teak-Nilambur-Kerala_jpg

Kalau anda pengen kaya, salah satu caranya anda bisa membuat kebun jati. Lalu sekitar 10 tahun lagi atau kurang, kebun anda sudah berubah menjadi hutan jati. Luas dan bisa segera dipanen. Maka anda bisa jadi lumayan kaya atau bahkan kaya raya. Tapi tentu saja saat anda membuat kebun jati, jangan dicampur dengan pohon yang lain. Anda tidak tanam jagung atau kangkung atau malah beternak sapi di sana. Cukup jati saja!

Kalau anda punya tim sepak bola dan pengen tim sepak bola anda menang, maka tentu saja pemain-pemain anda adalah yang terbaik. Anda nggak akan memasukkan pemain yang kelas dua ke sana atau bahkan pemain yang baru pertama kali nyentuh bola. Anda akan masukkan pemain-pemain yang terbaik.

Begitu juga dengan perusahaan, saat anda menginginkan perusahaan dengan Service yang Dahsyat. Maka anda tentu ngumpulin semua orang yang punya sifat Service yang Dahsyat pula. Anda nggak mencampurkan orang dengan skill hebat tapi sikapnya brengsek. Anda juga jangan memasukkan saudara atau teman dengan sifat yang tidak mau melayani.

Jelas anda tidak bisa memasukkan orang seperti itu ke dalam tim anda dan berharap tim anda bisa menang.

Banyak orang yang merekrut dengan cara mengutamakan skill terlebih dahulu dan mengesampingkan sifat.

Dengan begitu berarti sama saja dengan anda mencampurkan kebun jati anda dengan menanam pohon lain sehingga banyak jenis pohon yang tumbuh di sana. Maka kemungkinan besar saat tanaman yang satu tumbuh maka dia akan merusak tanaman yang lain. Itu nggak akan cocok.

Kesamaan sifat sangat diperlukan.

Nah sekarang, teliti dulu bisnis apa yang anda punya. Kalau misalnya bisnis anda adalah rumah sakit maka carilah orang  yang benar-benar bisa berempati. Cari orang yang benar-benar tetap mau bekerja sambil tersenyum walau harus begadang. Cari orang-orang yang bisa bekerja dengan teliti dan penuh kasih sayang.

Jangan sampai orang yang terbiasa kerja cepat + tanpa interaksi manusia yang bekerja di sana. Apalagi kalau orangnya memang sinis. Walaupun skill-nya tingkat dewa, jangan dimasukkan! Kalau itu sampai terjadi, maka tim tersebut dijamin rusak.

medical-doctor-jobs-in-China-expat-jobs-in-china

Tim adalah awal dari segalanya. Karena tim yang melakukan semua pekerjaan yang ada di tempat anda. Tim yang melayani customer dan membangun suasana kerja. Tim yang melakukan SEMUA hal di dalam bisnis anda. Tim yang akan merawat bisnis anda.

Maka bila ada satu hal yang harus anda bereskan terlebih dahulu untuk meraih profit lebih banyak. Satu hal tersebut adalah TIM.

Saat tim anda sudah bagus, pasti anda bisa mempunya potensi besar untuk mengembangkan bisnis anda. Baik itu membangun gedung maupun membangun cabang yang lain. Semua pemimpin besar yang sukses adalah ahli manusia dan ahli mengembangkan tim.

Namun pada kenyataannya, kebanyakan orang malah fokus sama gedung dan produknya. Sedikit sekali perhatian pada tim. Aneka macam manusia dengan aneka ego bergabung. Ada aneka cara kerja di sana. Bahkan semua tim yang baru masuk akan bekerja sesuai dengan cara kerja di tempat lamanya. Jadilah tim campur aduk.

Lalu tim yang campur aduk itu yang diminta untuk mengurus hasil investasi Diminta mengurus produk hebat. Tim campur aduk diminta merawat hasil investasi yang luar biasa. Maka bisa saya pastikan investasinya akan percuma saja. Sia-sia saja!

Karena seperti yang saya jelaskan tadi. Tim akan mengerjakan semua pekerjaan di perusahaan anda. Tim yang akan mengembangkan produk anda jadi lebih hebat. Tim yang membuat gedung yang sudah bagus jadi penuh dengan kehangatan. Bukan gedung bagus yang membuat customer kembali. Namun kehangatan tim yang membuat customer terus kembali.

images (14)

Produk yang bagus berguna untuk menarik customer, namun tim yang Dahsyatlah yang mempertahankan customer!

Kebanyakan bisnis belum untung hanya dari penjualan produk yang pertama kalinya. Kebanyakan bisnis mulai untung ketika customer datang lagi, datang lagi dan datang lagi. Di situlah terdapat profit yang sebenarnya.

Ingat, karena penting saya ulangi sekali lagi. Skill selalu bisa diajarkan. Namun sifat sangat sulit untuk diubah. Jangan coba mengubah sifat seseorang yang sudah hidup selama 20 atau 30 tahun. Jangan pernah berharap untuk dapat mengubahnya. Sifat itu sudah melekat.

Maka cari sifat terlebih dahulu. Cari sifat yang sesuai dengan sifat dan standard anda. Maka anda akan bahagia.

Bila sudah berhasil, maka anda dan tim anda akan mempunyai standar yang sama. Di saat standar anda dan standar tim anda sudah sama, dengan sendirinya pekerjaan akan berlangsung dengan Dahsyat.

Semoga bermanfaat!

Salam Dahsyat!

Anda boleh menggunakan artikel ini di newsletter, website atau publikasi, dengan syarat tetap melampirkan kalimat lengkap di bawah dengan link aktif ke website:

Copyright, Hendrik Ronald. Digunakan dengan izin. Hendrik Ronald adalah Trainer dan Coach Service Excellence. Untuk mendapatkan pelatihan dan artikel lainnya, silakan kunjungi www.HendrikRonald.com