Nama = Emas

Wanted

WANTED!

Astaga!!

Ternyata photo saya telah disebarkan ke seluruh karyawan hotel. Hampir semua dari mereka sudah tau informasi saya. Itulah yang terjadi di salah satu hotel sahabat saya di Makasar.  Saya jarang mendapatkan Excellent Service, namun di hotel ini saya mendapatkannya. Saat itu memang teman saya yang bekerja di sana sungguh-sungguh memperhatikan service.

Selama 2 hari saya menginap di sana, saya terheran-heran kenapa hampir seluruh karyawan hotel bisa memanggil nama saya. Padahal belum pernah bertemu sebelumnya. Ternyata mereka mempunyai SOP yang bagus. Semua VIP guest disebarkan photonya. Persis seperti poster “WANTED”. Hehehheehe.

Mungkin bagi sebagian orang tau nama itu tidak ada artinya… namun sebenarnya tau nama orang lain itu sakti manfaatnya.

Saya pernah naik pesawat di salah satu maskapai terbesar & terbaik di Indonesia. Dengan ramahnya, saya memanggil seorang flight attendant lewat namanya. Saya berusaha menghafal namanya. Beliau kaget Tidak lama kemudian, diapun bisa memanggil saya lewat nama. Beliau langsung check di flight manifest (daftar penumpang). Beliau menyampaikan, “Saya nggak enak. Masa bapak tau nama saya. Tapi saya nggak tau nama bapak”

Karena memanggil orang lewat nama, saya sering diperlakukan istimewa. Bisa masuk ke tempat2 yang seharusnya tidak boleh masuk. Mendapatkan pelayanan spesial. Extra senyum, extra ramah, dll.

Mungkin kedengaran kecil sekali,  namun besar manfaatnya. Saat anda memanggil “Mas, tolong angkat barang saya yah” akan sangat berbeda hasilnya dengan, “Selamat siang, Mas Anto. Boleh saya minta bantu angkatkan barang saya?”

Hanya perbedaan panggilan saja, hasilnya bisa beda langit dan bumi. Anda akan dilayani dengan jauh lebih baik.

Bagi anda penyedia jasa, mulailah memanggil client dengan namanya.

Seperti biasa, tidak praktek tidak ada gunanya. Praktek yah… Mau kan?

Salam Dahsyat!!

Anda boleh menggunakan artikel ini di newsletter, website atau publikasi, dengan syarat tetap melampirkan kalimat lengkap di bawah dengan link aktif ke website:

Copyright, Hendrik Ronald. Digunakan dengan izin. Hendrik Ronald adalah Trainer dan Coach Service Excellence. Untuk mendapatkan pelatihan dan artikel lainnya, silakan kunjungi www.HendrikRonald.com