Perlukah Punya Produk Luar Biasa? – Part 2

Ancient Computer

Seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya, bila ingin punya produk luar biasa… “turunkanlah cost dan naikkan inovasi”. Lalu anda akan bisa menjual produk anda dengan harga yang lebih baik!

Namun, apakah produk luar biasa itu penting? Jawabannya: Penting!

Apakah sangat penting? Ada yang lebih penting!

Bila ingin sukses, kita sebaiknya punya:

  • Excellent Product aliasi produk yang Dahsyat!
  • Excellent Delivery System alias cara mengantarkan produk yang Dahsyat!
  • Excellent Service alias pelayanan yang Dahsyat!

Misalnya, iPhone adalah produk yang Dahsyat. Gampang dipakai, kualitasnya bagus dan banyak sekali programnya. iPhone bisa sukses karena mempunyai delivery system / cara mengantarkan produk yang Dahsyat. Mereka punya AppStore. Orang-orang tidak usah ke toko untuk membeli software. Mereka tidak perlu mencari di website-website terpisah. Mereka cukup mengunjungi AppStore, langsung dari iPhone. Ini adalah delivery system yang Dahsyat.

Mereka juga punya service yang Dahsyat! Staff mereka ramah dan selalu mau membantu. Layanan purna jual mereka juga bagus. Saat iPod saya rusak, mereka mengatakan, “Pak Ronald, kerusakan ini memang tidak termasuk garansi. Namun kami bisa bantu. Kalau bapak mau, bapak tinggal menambah sekitar 1 juta saja, dan bapak bisa kami berikan sebuah iPod baru.” Reaksi saya, “Wauw!!!”

3 Excellences ini (Product, Delivery System, Service) bisa menjamin kesuksesan anda. Di dunia bisnis kita mengenal yang dinamakan “Tangga Kepuasan Pelanggan”. Mulai dari level: “Dasar à Seharusnya à Diharapkan à Mengagumkan à LUAR BIASA”

Saya akan memberikan 1 ilustrasi simpel tentang produk yang mencapai level LUAR BIASA.

Dulu komputer saat baru pertama kali dibuat, ukurannya bisa sebesar ruangan. Ini adalah level paling DASAR.

Namun sekarang tidak seharusnya ukuran komputer sebesar itu. Sudah SEHARUSNYA komputer itu bisa diletakkan di atas meja, maka muncullah yang namanya PC alias Personal Computer.

Naik ke level berikutnya, DIHARAPKAN komputer itu bukan hanya di atas meja saja, namun bisa dibawa travelling ke mana-mana. Maka muncullah yang namanya laptop.

Lalu muncullah sebuah terobosan baru dari sebuah pabrik PC. Suatu ide yang MENGAGUMKAN. Mulai bermunculan di market sebuah produk Asus Eee. Sebuah komputer yang kecil dan murah. Lama kelamaan terus berkembang sehingga harganya bisa hanya 2-3 juta. Ukurannya kecil dan bisa dibawa ke mana-mana. Hampir setiap orang bisa memilikinya. Ini yang kita sebut dengan netbook.

Sampailah kita pada suatu hari, di mana muncullah produk yang LUAR BIASA. Diperkenalkan oleh Steve Jobs. Sebuah alat berukuran 10 inchi. Bisa dipakai untuk browsing, presentasi,main game, mengetik, bekerja, dan banyak lagi. Inilah yang dinamakan dengan iPad!!

Seluruh dunia terpana, orang rela mengantri sampai berhari-hari untuk mendapatkan sebuah iPad!!!! Mereka membawa kursi, makanan, dll hanya untuk menjadi orang pertama yang membeli sebuah iPad. LUAR BIASA!!

Namun bila kita kembali ke tangga kepuasan pelanggan… Bila produk atau delivery system mencapai level luar biasa, maka sesuatu terjadi. Bila Service mencapai level LUAR BIASA, sesuatu yang lain yang akan terjadi.

Apa yang terjadi pada iPad yang luar biasa? Tidak lama kemudian Samsung mengeluarkan Galaxy Tab. Acer mengeluarkan Iconia. Asus mengeluarkan Transformer. Blackberry mengeluarkan Playbook.

iPad yang tadinya sudah mencapai level LUAR BIASA turun terpaksa turun ke level MENGAGUMKAN lalu turun terus sampai ke level DIHARAPKAN, dst.

Bahkan di zaman anak cucu kita nanti, iPad sudah menjadi suatu hal yang berada di level DASAR. Mungkin bisa jadi nanti malah turun ke level luar biasa ketinggalan, hehehhe.

Sebagus apapun produk kita, dia akan turun dari level LUAR BIASA terus ke bawah. Orang lain akan menirunya, dalam kurun waktu yang SANGAT CEPAT!!!

Namun hal yang berbeda terjadi bila LUAR BIASA terjadi pada service.

Menurut anda apa yang terjadi bila service mencapai level LUAR BIASA?

Salam DAHSYAT!!

 

Anda boleh menggunakan artikel ini di newsletter, website atau publikasi, dengan syarat tetap melampirkan kalimat lengkap di bawah dengan link aktif ke website:

Copyright, Hendrik Ronald. Digunakan dengan izin. Hendrik Ronald adalah Trainer dan Coach Service Excellence. Untuk mendapatkan pelatihan dan artikel lainnya, silakan kunjungi www.HendrikRonald.com