Customer, Prioritas No. 2!!

Anak anda nggak juara? Coba marahin tuh anak. Marahin yang tegas, marahin dengan jelas, bahwa anda mau dia jadi juara. Kira-kira mempan nggak? Hehehehe.

Scolding children

Ada jurus yang lebih aneh lagi, coba marahin guru lesnya. Begini kira-kira cara marahnya, “Ibu itu gimana sih? Saya kan sudah bayar mahal untuk les! Masa sih anak saya nggak juara? Apa gunanya saya bayar ibu? Buang-buang uang aja namanya, kalau PR anak saya aja masih ada salahnya!!

Kalau masih belum mempan, coba lakukan ancaman terhadap guru sekolahnya. Coba ancam yang serem. Kasih tau sama gurunya dengan jelas, bahwa anda mau anak anda juara. Kalau perlu, anda boleh ngancem balik-balikin meja sekolah. Hihihhi.

Jurus ini juga bisa dipakai di kantor. Misalnya anda bisa pakai jurus ini sama karyawan. Coba marahin tuh karyawan anda. Bilang sama dia, percuma aja dia digaji kalau dia masih nggak bagus kerjanya. Percuma aja dilatih kalau hasilnya gitu-gitu aja. Masih gak ada insiatif dan melayaninya gak pakai hati!!!

Kalau nggak mempan, coba kasih SOP yang jelas, lalu tegaskan bahwa mereka harus nurut sama SOP. Kalau nggak nurut, pecat! Sudah lebih kejam toh!!

Do not open with knives

Kalau masih juga nggak mempan, coba kasih tau dengan jelas, bahwa customer itu prioritas nomor 1. Numero UNO. Jadi mesti dilayani dengan baik!!

Nah, kalau semua cara itu sudah terbukti gak mempan….. saya YAKIN nggak akan mempan… karena memang biasanya cara itu yang dipakai oleh begitu banyak perusahaan…. Mari kita ganti caranya!!!

Nah, saat seminar saya selalu nanya ke para peserta, “Customer.. orang yang kasih anda makan. Yang memberi makan keluarga anda. Yang membuat anda bisa seperti sekarang…. Customer itu prioritas nomor berapa?

Maka biasanya para peserta langsung kompak angkat tangan, mengacungkan nomor 1.

Lalu saya nanya lagi, “Karyawan, prioritas nomor berapa?” Menghadapi pertanyaan ini, biasanya para peserta mulai ricuh. Ada yang bilang nomor 1, ada yang bilang nomor 2. Kalau peserta seminar kebanyakan karyawan, maka biasanya banyak yang bilang bahwa karyawan itu prioritas nomor satu. Itu harapannya. Bagi karyawan yang lebih sadar diri, mereka ngaku bahwa karyawan itu prioritas nomor dua. Kan memang begitulah kenyataannya.

Mari kita tinggalkan dulu para karyawan itu. Kita jalan-jalan sebentar ke zaman raja-raja. Di mana raja memerintah atas rakyatnya. Ada raja yang bijaksana, ada yang tidak. Ada kerajaan yang makmur, ada yang miskin. Ternyata pola raja-raja yang bijaksana dan makmur, semuanya sama.

Mereka selalu mencintai rakyatnya. Raja yang bijaksana, selalu mau tau apa yang terjadi pada rakyatnya. Mau mendengarkan mereka. Raja yang bijaksana bertindak bagaikan pelayan bagi rakyatnya. Dia memenuhi apa yang diperlukan oleh rakyatnya.

King Solomon The Wise

Raja yang kejam, malah sebaliknya. Dia bertindak suka-suka. Dia memerintah seenaknya. Mengambil pajak dan memaksa rakyatnya untuk memberikan lebih banyak ke sang raja. Dia buat aturan, lalu menyuruh seluruh rakyatnya mematuhi. Semakin banyak peraturan, semakin hebat perlawanan para rakyatnya. Maka semakin keras pula sang raja memerintah.

Raja yang kejam ini, kalau di zaman kita, persis seperti bos yang suka ngomel. Yang suka balik-balikin meja. Yang nggak pernah mau tau dengan kondisi karyawannya. Yang penting sudah ngeluarin SOP, dan menyuruh timnya mematuhi. Itu namanya bos yang GUOBLOK!!!

Mungkin sikap si bos nggak kejam-kejam amat. Mungkin dia nggak marah-marah, namun dia dan timnya terpisah. Ada jarak. Mereka saling nggak pengertian. Bos nggak ngerti karyawan dan karyawan juga nggak ngerti bos. Bos yang seperti ini, mirip banget dengan raja di zaman dulu yang bingung kenapa kerajaannya biasa-biasa saja. Itulah kerajaan yang sangat berfokus pada pemimpinnya. Yang mana sang pemimpin makin lama makin bingung. Sudah kerja keras, tapi hasilnya nggak kelihatan.

Maka mari kita ikut pola raja yang baik. Mari kita balik total pakem yang ada. Maka tolong perhatikan baik-baik. Customer itu prioritas nomor DUA!! Yak, betul. Nomor dua!

Customers Not Number 1

Karyawan prioritas nomor SATU!!

Perlakukan karyawan anda dengan baik, maka mereka akan memperlakukan customer anda dengan baik.

Prioritas di sini maksudnya bukan anda nggak memperdulikan tamu dan cuma perhatian sama customer. Bukan! Namun prioritas di sini maksudnya, anda mengurusi karyawan anda lebih dulu. Itu yang menjadi concern anda lebih dulu. Urus dulu sampai beres.

Karena hampir semua perusahaan sebenarnya bukan bersaing dengan saingannya. Namun mereka bersaing dengan timnya sendiri. Ada begitu banyak masalah dengan tim sendiri. Coba sekarang jujur-jujuran sama saya. Anda itu sering kali bukan pusing sama produk. Bukan juga pusing sama saingan. Yang paling sering membuat anda pusing, selalu karyawan anda sendiri. Betul? Karyawan itu yang paling banyak masalahnya.

Contoh paling simpel, pembantu yang sudah pulang kampung saat Lebaran, baliknya suka molor. Bahkan gak balik-balik lagi. Karyawan yang kelihatannya baik, ternyata bertingkah. Ada juga karyawan yang secara konsisten hobby-nya telat. Ada sih karyawan yang bagus, lalu anda latih dengan baik. Gak lama kemudian ternyata dia kabur, kerja di tempat lain. Betul? Hehehhehe.

Itu makanya, karyawan itu prioritas nomor 1. Urus karyawan lebih dulu. Ini yang nggak gampang!!!

Mengurusin karyawan ini yang membuat workshop saya bisa berlangsung 2-3 hari. Bisa mulai jam 9 pagi dan selesai jam 3 pagi. Kadang sampai jam 7 pagi. Karena memang kompleks. Karena memang itu sebuah system yang terintegrasi secara penuh. Mulai dari perekrutannya, pelatihannya, cara memperlakukannya, cara mengajarnya, dst. Untuk menghasilkan Service yang Excellence, butuh jalan yang begitu panjang.

Service Excellence for Leaders Bali

Anda boleh belajar me-manage karyawan dari siapa saja, dengan siapa saja. Namun bila anda mau, belajarlah dari saya. Belajar pola-pola terbaik dalam mengelola karyawan & perusahaan. Anda akan belajar pola raja-raja terbaik. Pola perusahaan-perusahaan terbaik di dunia yang terbukti secara empiris berhasil!

Ikut workshop “Service Excellence for Leaders”. Saya yakin, ini adalah workshop Service Excellence TERBAIK di Indonesia. Kalau ada yang lebih baik,  kasih tau ke saya dan saya kembalikan uang anda.

Workshop ini akan diadakan:

  • Tanggal: Sabtu  – Minggu / 13-14 September 2014
  • Lokasi: Akan ditentukan / Surabaya – Jawa Timur
  • Waktu: 09.00 – Selesai

Investasi individu:

  • Early Bird: Rp.4.997.000,-
  • Setelah 31 Agustus: Rp.5.997.000,-

Investasi group:

  • 2-3 orang: Rp. 3.997.000 / orang
  • 4-10 orang: Rp. 3.500.000 / orang
  • Di atas 11 orang: Rp. 2.900.000 / orang

Workshop akan berlangsung cukup lama, bisa sampai malam. Anda juga bisa berkeringat. Maka bawa baju ganti yah.

Train Crash Game

Anda akan belajar:

  • Pola-pola perusahaan terbaik di dunia, yang sudah terbukti berhasil menjadikan mereka No. 1 di dunia. Microsoft sebagai pengembang terbaik di dunia. Walt Disney sebagai tempat paling bahagia di dunia, 3M sebagai perusahaan paling inovatif.
  • Pola-pola Merck, P&G, Boeing, Zappos, Southwest Airlines, AirAsia, General Electric, dll
  • 12 pilar Service Excellence yang pasti mengubah perusahaan anda 180′
  • Membuat Business Model ala Harvard University yang digunakan oleh AirAsia, Singapore Airlines, Starbucks Coffee, Zapposs, Apple Computer, Anthony Robbins, IKEA, Cirque du Soleil, dll.
  • Kenapa perusahaan anda selama ini bagaikan berjalan di tempat & cara mengatasinya
  • Cara mendapatkan karyawan yang Dahsyat dengan gaji sesuai kesanggupan perusahaan anda
  • Cara agar karyawan yang Dahsyat mau bekerja untuk anda sampai pensiun

Anda akan langsung membuat:

  • Business plan ala Harvard University untuk business anda sendiri
  • Visi, Misi, Core Purpose, Core Values dari perusahaan anda
  • Pilar-pilar Service Excellence berdasarkan Core Purpose & Core Values anda
  • Sistem perekrutan untuk mendapatkan karyawan terbaik
  • Strategi-stategi service terbaik di dunia sesuai sifat perusahaan anda

Berikut testimoni para peserta:

Mr. Ronald is a world class guru!
Susiani – Kabag Layanan Operasional – BCA

 

I am frightened to see how far, how high, how advanced this class have elevated me.
Bezie GM – Wakil Direktur Termuda radio PPI Dunia

 

Training ini dibawakan dengan atraktir dan komunikatif, sehingga banyak sekali ide-ide yang inspiratif yang bisa diterapkan di perusahaan.
Megan Brennaf – CEO Darussalam Tour

 

Undang kami selalu dimanapun Akang ada kelas. Kelas apapun juga. Kami akan hadir.
Okke Permadi – CEO TMJ (Konsultan pembangunan transportasi terbaik di Indonesia) 

 

Service Excellence for Leaders Family Photo

 

Workshop ini kami BATASI maximum hanya 50 orang saja. Maka pastikan anda dan staff anda mendapatkan tempat. Book hari ini juga. Telp Ibu Christina di 031 – 8177 4732 atau 0812 – 894 50 138

Anda akan segera mengerti kenapa customer itu prioritas nomor 2. Perusahaan anda akan mengalami transformasi dan kemajuan besar-besaran. Anda akan mengerti kenapa ini adalah kelas Service Terbaik di Indonesia, atau uang anda kembali 100%.

Salam Dahsyat!!

 

Anda boleh menggunakan artikel ini di newsletter, website atau publikasi, dengan syarat tetap melampirkan kalimat lengkap di bawah dengan link aktif ke website:

Copyright, Hendrik Ronald. Digunakan dengan izin. Hendrik Ronald adalah Trainer dan Coach Service Excellence. Untuk mendapatkan pelatihan dan artikel lainnya, silakan kunjungi www.HendrikRonald.com