Resep Sukses Diet!

images (9)Nah saat ada seminar motivasi biasanya saya suka bertanya, “Siapa di sini yang ingin sukses?” Bila di ruang itu ada 1.000 orang. Maka biasanya tangan yang terangkat bisa sampai 2.000. Semua orang ingin sukses. Kalau saya tanya, “Siapa yang sungguh-sungguh ingin sukses kaya raya?” Tangan yang terangkat mungkin bisa sampai 300, sampai-sampai kakinya ikut naik.

Semua orang jelas ingin sukses. Tapi apakah dari 1.000 peserta itu semuanya lantas jadi sukses? Jujur saja, belum tentu ada 20 orang dari mereka yang sungguh-sungguh bisa jadi sukses. Kenapa? Karena mereka akan membayangkan bahwa hidupnya harus berubah total. Baik dari gaya hidup, pengeluaran, pemasukan, sifat, semuanya harus berubah total. Banyak dari mereka yang tidak kuat.

Menarik sekali! Jadi ternyata tekad saja untuk menjadi sukses jelas tidak cukup.

Seorang penasehat keuangan bernama Dave Ramsey, mempunyai nasehat untuk membayar hutang yang sangat menarik. Nasehatnya bahkan banyak dipertanyakan dan ditentang oleh banyak penasehat keuangan yang lain. Nasehatnya ini berasal dari pengalaman pribadi beliau.

Saat itu dia dan istrinya mempunyai hutang. Hutang yang banyak sekali dan bahkan mereka sudah sangat kewalahan untuk membayarnya. Namun yang namanya hutang tetap saja harus dibayar.

wr-df-debt-3

Maka mereka mengumpulkan seluruh tagihan. Baik itu tagihan kartu kredit maupun tagihan hutang yang lainnya.Semuanya mereka kumpulkan dan mereka urutkan mulai dari yang paling besar sampai yang paling kecil.

Lalu mereka memulainya dengan membayar tagihan dari yang paling kecil terlebih dahulu.

Setelah berhasil membayarnya, mereka lanjut membayar tagihan kecil yang kedua. Setelah berhasil pada tagihan kedua, lalu lanjut pada tagihan yang ketiga, keempat dan berikutnya. Mereka memulai dari tagihan yang kecil-kecil terlebih dahulu. Kalau ada tagihan yang sangat penting, misalnya tagihan listrik atau telepon, itu dibayar paling duluan.

Tentu saja nasehat ini berlawanan dengan nasehat dari pakar-pakar ekonomi. Karena tagihan kartu kredit bunganya bisa gila-gilaan. Bunganya bisa 20% sampai 30%. Maka hutang itu akan sangat membengkak bila pembayarannya ditunda. Akan lebih masuk akal bila kita membayar tagihan yang lebih besar terlebih dahulu.

Namun Dave Ramsey tau bahwa ini bukan soal masalah matematika. Beliau bukan tidak tau mengenai masalah matematikanya, beliau bahkan sangat tau. Tapi ini soal motivasi.

Saat bisa membayar tagihan terkecil dan mencoretnya, dia akan merasa senang. Maka dia akan mulai terpacu membayar tagihan kedua. Dia mendapatkan motivasi.

Maka dia membayar tagihannya mulai dari yang kecil terlebih dahulu. Setelah berhasil, dia membayar tagihan yang berikutnya, lalu yang berikutnya. Kemenangan-kemenangan kecil ini mendorong Dave untuk semakin kuat, semakin kuat dan semakin kuat untuk membayar tagihan yang lebih besar lagi. Akhirnya dia telah berhasil.

Nah begitu juga dengan kehidupan kita. Bila misalnya anda ingin turun 20 kg, anda ingin cantik, langsing, beautiful, seksi atau ganteng. Lalu anda diminta untuk turun 20 Kg dalam 6 bulan. Lalu apa yang anda rasakan?

Wakkks!! Membayangkan tidak boleh makan coklat, tidak boleh makan soto, makan pizza, tidak boleh makan yang enak-enak. Itu akan membuat anda merasa galau dan jelas bawah sadar anda akan protes. Begitu banyak orang yang tidak berhasil. Begitu banyak orang yang mencoba jalan ini dan pasti tidak akan berhasil. Kecuali orang yang benar-benar punya niat yang sangat amat kuat.

lunch_diet

Namun ada cara lain yang lebih bagus. Seperti kata pepatah, kalau anda ingin makan gajah maka potong potong terlebih dahulu hingga kecil, baru bisa dimakan. Nah saat anda ingin diet maka mulai dari hal yang paling kecil dulu. Ketika hal kecil itu berhasil lalu rayakan.

Misalnya anda memulai dengan 2x push up setiap hari. Tentu saja 2x push up gampang toh. Setelah berhasil 2x push up, katakan “Yes! Saya Berhasil!“.

Kali ini push up hanya 2x gak ada masalah. Besoknya naikkan menjadi push up 3x sehari. Selama 3 hari kedepan anda push up 3x sehari. Lalu berikutnya naikkan menjadi 5x. Kemudian ketika anda berhasil rayakan lagi. Ketika anda berhasil, puji diri sendiri.

Anda juga bisa mengubah pola makan anda. Misalnya, mungkin biasanya anda makan 1 piring penuh. Nah, sekarang begitu nasi sudah diambil, anda kurangi cukup 2 sendok saja. Ketika anda berhasil menahan lapar sampai pada waktunya. Katakan pada diri sendiri “Oh Yes! Saya Berhasil!“.

Ketika anda berhasil  menahan lapar sedikit-sedikit. Anda merasa kemenangan itu manis dan anda akan berusaha meraihnya. Dengan cara ini program diet anda sukses akan jauh lebih baik.

Maka begitu lah anda meraih kesuksesan. Bila anda memaksa diri anda untuk berubah total, itu bukan cara ideal. Dorong diri anda sedikit demi sedikit.

Bila anda ingin sukses, maka sebaiknya anda punya kebiasaan belajar setiap hari. Bila belum terbiasa belajar, mulai belajar dari 5 menit saja. Lalu lanjutkan pada hari berikutnya. Tetap di 5 menit lagi. Hari berikutnya tambah lama lagi dan lebih lama lagi. Namun yang namanya belajar bukan soal lama atau cepatnya. Namun saat anda berhasil belajar sesuatu di hari itu.

Dengan begitu anda pasti bisa mencapai apa yang anda tuju. Semoga bermanfaat!!

Salam Dahsyat!!

Anda boleh menggunakan artikel ini di newsletter, website atau publikasi, dengan syarat tetap melampirkan kalimat lengkap di bawah dengan link aktif ke website:

Copyright, Hendrik Ronald. Digunakan dengan izin. Hendrik Ronald adalah Trainer dan Coach Service Excellence. Untuk mendapatkan pelatihan dan artikel lainnya, silakan kunjungi www.HendrikRonald.com